CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Kamis, 30 April 2009

Rock Drum set vs Fusion Drum set

Rock set (bass 22″, Snare 14″, Tom 12-13-16″) telah menjadi set standart selama puluhan tahun. Bahkan pada tahun 80-an bass drum ukuran 24″ sangatlah populer. Tapi sejak awal tahun 90-an sepertinya muncul ukuran baru yang lebih compact, yaitu Fusion set. (Bass 20″, Snare 14″, Tom 10-12-14″ dan sekarang semakin populer.

Pengen tau lebih jauh keunggulan dan kekurangan antara drumset Fusion dan Rock, berikut perbedaan antara keduanya :

- Rock Drum set :

Keunggulannya :
Drumset Rock mempunyai bass drum 22″, kelebihannya… suara sangat menendang, gainnya lebih kuat ( suaranya lebih terprojeksi dan keras karena ukuran yang lebih besar )

Kekurangannya adalah:
1. Dengan ukurannya yang bass drum ukuran 22″ sedikit terlalu besar berdampak pada pemain drum itu sendiri.

2. Loe akan kesulitan dalam urusan mengeset drum karena posisi tom-tom akan menjadi sangat tinggi jika dipasang dengan posisi yang ‘benar’. Solusinya agar tom-tom menjadi rendah adalah menggesernya kesamping yang menjadikan tom-tom sangat terpisah dan miring. Dan itu amatlah terlihat jelek dan karena itu juga permainan drum loe bisa terhambat.

3. Dampak posisi tom-tom yang tinggi. Power yang dikeluarkan jika posisi tom tinggi tidak akan maksimal dan pukulan kurang akurat serta orang yang memainkan set seperti itu akan merasa tidak nyaman dan cepat lelah.

4. Tom-tom ukuran 12″ merupakan ukuran terkecil pada set rock, loe tentunya ingin mendapatkan suara yang cukup tinggi kan? Tapi ukuran 12″ inilah yang agak susah di-tune menjadi nada yang tinggi. Walaupun bisa, suaranya akan tertahan.

- Fusion Drum set

Keunggulannya :
1. Bass drumnya cukup kecil (20″) maka tidak akan ada masalah mengeset. Karena menggunakan drumset ini maka urusan mengeset drum menjadi sangat menyenangkan. Suaranya pun tidak kalah dengan depth dari bass drum 22″ bahkan lebih ‘dapat’ low dan sustainnya.

2. Posisi tom dapat menjadi lebih rendah maka pukulan yang dihasilkan akan lebih kuat dan akurat. Sebagai contoh, loe tentu tidak akan merasa nyaman jika makan dengan meja yang tinggi. Karena tom-tomnya dapat ditaruh sejajar dengan siku tangan loe maka lengan tidak perlu diangkat untuk memukul tom-tom.

3. Ukuran tom-tom kecil, secara otomatis panjang tom-tom itu juga lebih pendek dan lagi-lagi mempermudah kita untuk menge-set. Dan tuning range pada tom-tom juga sangatlah luas. Tom ukuran 10″ bisa di tune seperti menjadi ukuran 8″ dan 12″! (tergantung head)! tom 12′-nya juga dapat ditune lebih low lagi seperti tom 13″ dan juga floor tom14″ mempunyai low yang sangat dalam dan lebih fokus daripada floor tom 16″.

4. Seluruh set Fusion kit 1/4 lebih ringan daripada Rock kit dan karena ukurannya lebih kecil maka tidak akan susah untuk dibawa masuk ke dalam mobil sedan sekalipun.

5. Setiap drumset baru pasti dipasangkan dengan drumhead yang single ply/satu lapis?! Nah, head single ply itulah yang paling cocok untuk ukuran drum yang kecil (tidak perlu ganti head lagi!). Ukuran drum yang besar kurang cocok jika dipasangkan dengan head satu lapis, suaranya akan kurang fokus dan cukup susah untuk di-tune.

Kekurangannya :
Suara dari Fusion set/kit kalah keras dengan Rock set tapi suara dari Fusion itu sendiri lebih tajam dan fokus dan bahkan bisa dikategorikan lebih merdu daripada rock set.

Dan intinya balik lagi kemasalah kebutuhan dan selera. Jika loe memang memainkan lagu tidak lebih keras dari lagu Rock maka alangkah baiknya jika fusion kit ini menjadi pilihan loe, tapi kalo gue sih pake fusion coz musik gue gak heavy-heavy amatsengihnampakgigi

0 comment:

Posting Komentar